Solusi Runtime Error di Windows

RTL berisi semua program yang merupakan bagian dari sistem runtime. Ini termasuk program yang melakukan fungsi yang berbeda seperti grafis dan lain – lain . RTL adalah add-on yang memungkinkan program untuk melakukan semua fungsinya.

Banyak hal yang dapat menyebabkan kesalahan Runtime di Windows. Ini dapat dikarenakan oleh kesalahan konfigurasi file sistem, file sistem rusak, pertentangan dengan aplikasi program lain, masalah memori, konflik, perselisihan dengan program antivirus, C++ yang eror, atau mungkin ada eror di program grafis.

Ketika menjalankan program dan aplikasi , menelusuri file dengan Windows Explorer atau menginstal perangkat lunak, kesalahan di Runtime sering terjadi. Error ini juga bisa terjadi saat memainkan PUBG memakai emulator menampilkan pesan “Code 0xE” dan pasti bisa berlaku untuk game yang lain .

7 Solusi Runtime Error di Windows

Ini adalah beberapa solusi yang mungkin:

1. Hentikan Aplikasi Third Party

Kesalahan runtime biasa itu terjadi saat ada konflik dengan program pihak ketiga  , TSR adalah satu set program yang dimuat ke dalam RAM saat startup dan kemudian diaktifkan bila diperlukan.

Pesan eror biasanya muncul disaat terjadi pertentangan dengan aplikasi pihak 3 dengan Microsoft Visual C++Kesalahan ini dapat diperbaiki dengan menghentikan TSR atau aplikasi yang dimulai saat startup.

Ini adalah tahap-tahap yang harus diikuti:

  1. Klik Start
  2. Ketik task manager (pada bagian kotak search)
  3. Pilih task manager
  4. Klik pada tab Startup
  5. TSR dan Startup harus dinonaktifkan
  6. Hidupkan Kembali komputer Anda (restart)
  7. Periksa apakah kesalahan runtime hilang setelah komputer dihidupkan ulang.
  8. Jika kesalahan runtime telah hilang, Anda dapat mengaktifkan kembali TSR atau aplikasi startup yang tadi dinonaktifkan.
  9. Anda harus mencari program startup atau TSR mana yang mengakibatkan kesalahan.
  10. Nonaktifkan Program Tersebut

2. Nonaktifkan program bertentangan dengan Runtime Library

Kamu mungkin dapat mengidentifikasi program apa yang menyebabkan kesalahan Runtime di Windows dengan mengikuti langkah-langkah di atas. agar tidak terjadi eror menghilangkan aplikasi yang mengakibatkan eror . Menghapus instalasi program yang baru saja Anda instal adalah cara lain untuk menentukan apakah program tersebut bertentangan atau menyebabkan kesalahan. Anda juga dapat mengingat program terakhir yang Anda instal sebelum kesalahan. Jika ada, hapus instalannya terlebih dahulu untuk melihat apakah sudah diperbaiki.

3 . Nonaktifkan program antivirus

Mematikan antivirus adalah langkah selanjutnya untuk memperbaiki kesalahan Runtime di Windows. Terkadang, kesalahan Runtime dapat disebabkan oleh perangkat antivirus yang bertentangan. Matikan perangkat lunak antivirus pihak ketiga di Windows. Periksa untuk melihat apakah kesalahan Runtime masih muncul. Jika kesalahan Runtime tidak muncul lagi, masalahnya mungkin karena konflik di antivirus.

4. Pembaruan Windows Sistem Operasi

yang tidak pernah diperbarui kemungkinan besar tidak kompatibel karena kode yang sudah usang, seperti masalah dengan Runtime Library. Untuk memperbaiki kesalahan Runtime, Pembaruan Windows juga harus dicoba. Pemakai Windows 10 akan menerima pembaruan dengan otomatis. Namun, Anda dapat memeriksa pembaruan secara manual dengan cara cari Pengaturan > Keamanan > Pembaruan.

5. Perbaiki Visual C++ Runtime

Jika Runtime error terus berlanjut setelah Anda mencoba tips di atas, maka bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya, yaitu memperbaiki Runtime Visual C++ di Windows.

Cara:

  • Gunakan tombol Windows + R untuk mengetik appwiz.cpl.
  • Cari Microsoft Visual C++ di pojok kiri bawah.
  • Klik tombol Copot pemasangan di bagian atas.
  • Pilih Perbaikan
  • menunggu sampai proses selesai

Nyalakan kembali komputer setelah perbaikan. Setelah komputer dihidupkan kembali, verifikasi bahwa kesalahan Runtime telah hilang. Jika kesalahan Runtime berlanjut, lanjutkan ke langkah berikutnya.

6. Menginstal Ulang Visual C++.

Jika Visual C++ Runtime tidak berfungsi , kita dapat menginstal Visual C++. Untuk menghapus instalan perpustakaan terlebih dahulu, menekan tombol Windows + R > ketik appwiz.cpl > OK. Selanjutnya, temukan program bernama Microsoft Visual C++, lalu hapus instalannya.

Dapatkan aplikasi Microsoft Visual C++ Runtime dengan salin url di sini ke brower anda

https://support.microsoft.com/en-us/topic/the-latest-supported-visual-c-downloads-2647da03-1eea-4433-9aff-95f26a218cc0

Setelah mengunduh program, instal dan mulai ulang komputer Anda.

7. Mode clean boot

Mode boot adalah opsi terakhir untuk memperbaiki kesalahan Runtime di Windows  Mode ini memungkinkan Windows untuk menjalankan hanya layanan penting yang dibutuhkannya. Kita harus memasukkan boot bersih secara manual untuk menghindari kesalahan Runtime. Ini adalah langkah-langkah yang harus diikuti:

  • Klik tombol start
  • Ketik msconfig
  • Pilih msconfig
  • Klik  tab Services
  • Klik Hide all Microsoft service
  • klik Disable all
  • klik OK

Perbaiki kesalahan runtime di windows

  • Klik Start
  • Ketikan task manager
  • Buka task manager
  • Klik pada tab Startup
  • Nonaktifkan semua program startup.
  • Hidupkan Kembali komputer Anda.

Setelah pc dihidupkan, kita sekarang dalam boot bersih. Periksa apakah kesalahan Runtime hilang. Jika kesalahan Runtime hilang, itu menunjukkan bahwa masalah itu disebabkan oleh salah satu layanan startup yang kami matikan. Untuk menentukan startup yang bertanggung jawab, aktifkan kembali mereka satu per satu dan kemudian cari kesalahan Runtime. Setelah Anda mengidentifikasi masalahnya, matikan startup atau layanan secara permanen. Meskipun ini bukan proses yang mudah dan membutuhkan kesabaran, itu sepadan dengan usaha.