Solusi Mudah Mengatasi Err_Connection_Refused

Google Chrome merupakan salah satu browser yang banyak digunakan, baik itu untuk PC maupun perangkat smartphone. Banyak kelebihan fitur yang didapat dibandingkan dengan browser lain. Namun ada juga permasalahan yang umum terjadi seperti err_connection_refused yang menyebabkan banyak orang bingung bagaimana cara mengatasinya. Error dengan pesan tersebut pada umumnya mempunyai arti kurang lebih sebagai berikut, “chrome tidak di izinkan untuk mengakses situs yang dimaksud”.

Dari pengertian umum tersebut, berarti masalahnya belum bisa dipastikan kenapa. Bisa jadi dari chrome nya yang error, atau dari situs yang memang pada saat itu down, koneksi internet yang tidak stabil atau bahkan dari perangkat yang digunakan. Dikarenakan penyebabnya yang masih “abu-abu”, maka solusinya adalah dengan mencoba satu persatu cara yang akan kami berikan.

Solusi Mengatasi Err_connection_refused

Dari beberapa penyebab yang memungkinkan terjadinya pesan error tersebut, solusinya  juga bisa jadi bermacam-macam tergantung dari kenapa pesan itu muncul.

  1. Periksa Situs

Sebelum melakukan tindakan apapun, ada baiknya cek dulu situs yang menyebabkan pesan error tersebut. Cara mengeceknya bisa menggunakan web proxy atau web tools yang sudah banyak tersedia. Jika memang pada pengecekan tersebut situs dalam kondisi sehat dan bugar, maka anda harus lanjut pada solusi berikutnya.

  1. Periksa Koneksi

Hal berikutnya yang wajib anda periksa adalah masalah koneksi internet yang dipakai. Bisa jadi saat itu anda sedang kehabisan kuota atau provider yang digunakan sedang mengalami gangguan. Pastikan dulu dengan cara mengecek sisa kuota atau langsung saja membuka situs lain yang berbeda. Apabila situs lain masih lancar jaya, silahkan skip cara ini.

  1. Restart Koneksi

Apabila solusi diatas untuk mengatasi err_connection_refused chrome tidak berhasil, maka cara ketiga ini mungkin saja berhasil. Matikan dulu koneksi yang dipakai, tunggu beberapa detik kemudian hidupkan kembali koneksi nya. Hal ini memungkinkan jika error yang terjadi karena IP yang menolak untuk mengakses situs tersebut. Dengan melakukan restart pada modem atau router, nantinya anda akan tersambung internet dengan IP yang baru.

  1. Pengaturan APN dan DNS

Masih pada seputar koneksi, coba untuk mengganti APN dan DNS. APN pada setiap provider berbeda dan kemungkinan ada banyak, coba saja satu-satu. Untuk DNS, coba pakai yang gratis seperti punya google 8.8.8.8 dan 8.8​.4.4. Atau menggunakan cloudflare 1.1.1.1 dan 1.0.0.1.

  1. Hapus Cache Perangkat

Cara ini memang jarang digunakan, namun siapa tahu berguna untuk mengatasi masalah anda. Cache memang berguna untuk menyimpan data yang pernah di akses dengan tujuan, apabila diakses lagi, maka tidak memerlukan waktu lama untuk membukanya. Namun ada kelemahan dalam hal ini, yaitu sering kali memberatkan kinerja perangkat. Untuk melakukannya sangat mudah, yaitu dengan memanfaatkan fitur Flush DNS yang terdapat pada Windows.

  • Klik start pada windows.
  • Ketik “command prompt” pada kotak pencarian, lanjutkan dengan membukanya jika sudah ketemu.
  • Ketik “ipconfig /flushdns” tanpa tanda petik kemudian langsung enter.

Jika sudah memastikan langkah tersebut benar dan sukses, coba anda akses situs yang error tadi.

  1. Matikan Firewall

Masih belum berhasil juga? Anda memang belum beruntung. Tapi tenang, ada cara yang lain lagi kok untuk mengatasi err_connection_refused ini! Coba matikan firewall untuk sementara. Firewall berfungsi mengamankan perangkat dari serangan virus atau malware. Jika suatu situs dianggap berbahaya, maka firewall menjadi garda depan untuk menghadangnya. Namun ada kalanya program tersebut salah sasaran. Jadi ketika anda yakin bahwa situs tersebut aman, coba matikan dulu.

  • Buka control panel laptop atau PC yang digunakan.
  • Lanjutkan dengan memilih “System and Security”.
  • Pada tampilan jendela baru, anda cari yang namanya “Windows Firewall” dan klik langsung.
  • Silahkan dilihat pada bagian “Turn On” dan “Turn Off” nya. Matikan sementara dengan memilih “Turn Off” pada kedua network setting yang ada, kemudian klik “OK”.

Coba deh gunakan browser untuk mengakses salah satu situs. Mudah-mudahan sudah bisa ya!

  1. Clear Cache Browser

Jika dengan semua cara yang telah disebutkan tadi, anda masih belum bisa mengatasi solusi error tersebut. Mungkin cara yang satu ini akan berhasil, tingkat keberhasilannya memang cukup tinggi ketika membersihkan cache yang ada pada browser. Jadi tidak hanya perangkat saja yang akan melakukan caching, browser juga lho. Jika cara membersihkan cache perangkat masih belum berhasil, ada baiknya anda coba menghapus cache browser chrome.

  • Buka google chrome.
  • Pada ikon titik tiga vertikal, anda pilih “setting” atau “pengaturan”.
  • Cari menu “Privacy and security”.
  • Lihat sedikit kebawah, ada tulisan “clear browsing data”, anda pilih yang itu.
  • Pada jendela popup yang muncul, anda bisa melakukan pengaturan, antara lain menghapus riwayat browsing, menghapus cookies dan data, menghapus cache gambar dan file. Selain itu, anda juga bisa mengatur rentang waktu penghapusan.
  • Kalau sudah yakin dengan pengaturannya, langsung pilih “bersihkan data”.

Cara ini juga bisa dipakai untuk memperbaiki err_connection_refused android. Caranya hampir sama, mungkin yang berbeda dari letaknya saja.

  1. Restart Perangkat

Cara yang satu ini biasanya dijadikan alternatif jika sudah mengalami frustrasi. Terkadang bisa berhasil, namun sering juga gagal. Patut juga dicoba, mungkin saat melakukan hal tersebut, anda memang sedang beruntung sehingga dapat mengatasi masalah yang dihadapi.

  1. Install Ulang Browser

Ini adalah cara terakhir yang kami berikan untuk anda. Cara ini merupakan jurus pamungkas, jadi misalkan masalah masih tetap muncul, anda benar-benar dalam kondisi apes akut. Untungnya ukuran browser tidak terlalu besar, baik itu chrome, Mozilla, safari dan teman-temannya.

  • Untuk uninstall browser, anda bisa pergi ke control panel.
  • Kemudian pilih uninstall a program atau sejenisnya, karena beda versi windows, juga beda nama dan letaknya.
  • Pilih browser yang akan uninstall.
  • Kemudian klik “uninstall”.

Cara diatas adalah contoh dari langkah uninstall menggunakan windows 7. Akan berbeda jika anda menggunakan versi lain.

  • Untuk proses install nya, anda download langsung saja dari situs resmi perangkat yang dimaksud.
  • Tunggu hingga proses pemasangan selesai.
  • Jika sudah, anda restart dulu perangkatnya sebelum mencoba hasilnya.

Dari semua cara untuk mengatasi error connection refused, anda hanya perlu satu cara saja. Artinya, jika mencoba salah satu cara diatas dan ternyata sudah berhasil, maka tidak perlu menggunakan cara yang lainnya. Cara lain hanya digunakan ketika anda belum menemukan solusi yang tepat.

Sebagai catatan kecil, semua cara diatas, kecuali untuk hapus cache, bisa digunakan untuk semua browser. Untuk menghapus cache browser lain seperti Mozilla, maka lakukan cara menghapusnya sesuai dengan yang disediakan oleh Mozilla. Harapan kecil kami, anda akan menemukan setidaknya satu cara yang work untuk mengatasi masalah err_connection_refused  tersebut, sehingga anda tidak kebingungan dan frustrasi untuk mencari solusi lain.