Data Flashdisk Hilang Tapi Kapasitas Ada [Mudah Banget!]

Salah satu kendala yang biasanya dialami oleh Flashdisk adalah kesalahan dalam penggambaran kemampuan full storage padahal tidak ada dokumen di dalamnya, disebut juga terlihat kosong. Seringkali kemampuan penyimpanan juga terlihat 0 byte. Dan juga Flashdisk menjadi tidak berguna sebelum diperbaiki jika sudah seperti ini maka kita tidak bisa lagi menyimpan data ke dalamnya.

Sumber paling khas dari masalah ini adalah infeksi yang menyembunyikan semua yang ada di dalamnya dan juga membuat kesalahan sistem file logis sehingga menunjukkan kemampuan yang tidak sesuai dengan awal. Umumnya virus shortcut yang paling sering membuat ini.

cara mengatasi hal itu tidaklah sulit, pada kali ini zipsetgo.com akan menampilkan sebuah pilihan yang cukup efektif. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi Flashdisk yang kosong namun kapasitas Ada.

Cara Cek Data Flashdisk Hilang Tapi Kapasitas Ada

1. Program data tersembunyi

Langkah utama yang perlu dilakukan sebelum menggunakan berbagai teknik lain adalah mencoba mengungkap dokumen kejutan. Dalam beberapa kasus flash disk selesai namun tidak ada dokumen yang dapat dipicu oleh poin yang tidak penting seperti dokumen yang memiliki atribut tersembunyi sehingga tidak terlihat di explorer.

Setelah file tersembunyi disajikan Anda akan melihat file yang disembunyikan, coba periksa apakah kemampuannya sudah sesuai dengan kemampuan penuh flash drive Anda? Jika tidak cocok atau bahkan tidak ada file yang muncul maka lakukan tindakan berikut.

2. Jalankan cek disk melalui CMD

Masalah kapasitas flash drive yang lengkap namun kosong juga dapat disebabkan oleh kesalahan pada sistem data logis yang menyebabkan Windows tidak mengidentifikasi kemampuan awal flash. Untuk mengatasinya kita dapat menggunakan alat cek disk (chkdsk) di Windows. Alat-alat ini hanya dapat dijalankan menggunakan baris perintah di CMD.

3. Scan flashdisk dengan antivirus

Untuk memastikan flashdisk bersih dari virus, Anda bisa mengeceknya dengan menggunakan antivirus seperti Avast, Bitdefender, atau Kaspersky. Lihat apakah ada jenis infeksi yang ditemukan, jika ada, hilangkan dengan antivirus.

4. Tampilkan file yang disembunyikan oleh infeksi

Virus memiliki kemampuan untuk menyembunyikan file pada flash drive. Terlepas dari kenyataan bahwa kami telah membuat pengaturan sebagai simfoni nomor 1 sebelumnya, dokumen-dokumen tersebut masih belum terlihat. Untuk menampilkan dokumen yang disembunyikan oleh infeksi kita dapat menggunakan Command Prompt, ikuti tindakan seperti yang tercantum di bawah ini:

5. Manfaatkan aplikasi pembagi disk untuk memformat ulang flash drive

Jika semua cara di atas belum berfungsi adalah memformat ulang flashdisk dengan bantuan aplikasi pengelola pembagi, langkah terakhir. Aplikasi yang saya rekomendasikan adalah AOMEI Partition Assistant yang sudah di posting sebelumnya, aplikasi ini juga bisa di manfaatkan untuk mengecek kesalahan pada flashdisk.

Masalah kapasitas flash drive yang kosong namun lengkap juga dapat disebabkan oleh kesalahan pada sistem file rasional yang menyebabkan Windows tidak menemukan kapasitas asli flash.