Alasan Microsoft Store Tidak Bisa Dibuka

Bagi pengguna Windows 10, pastinya banyak yang mengalami masalah Microsoft store tidak bisa dibuka. Kebanyakan tidak bisa dipastikan apa yang menyebabkan gangguan tersebut sehingga tidak tahu harus berbuat apa. Sebagian pengguna mungkin akan mengabaikannya karena dianggap kurang penting dalam pengoperasian windows. Namun bagi sebagian yang lain, tentu akan sangat dibutuhkan ketika ingin mencari dan memasang aplikasi yang dibutuhkan.

Microsoft store bisa juga disebut dengan playstore nya windows 10, dimana pengguna bisa mencari dan menginstal aplikasi yang dibutuhkan melalui fitur tersebut. Beragam aplikasi yang tersedia menjadikan alasan tersendiri bagi pengguna yang merasa bahwa fitur tersebut sangat penting. Jika pada windows versi sebelumnya, pengguna harus download dan install aplikasi secara manual, berbeda pada Microsoft store ini yang akan memasang pada PC hanya satu kali klik saja.

Kelebihan Instal Aplikasi Melalui Microsoft Store

Pastinya ada kelebihan dari setiap fitur yang diberikan oleh windows 10, begitu juga dengan Microsoft store. Kelebihan tersebut yang membuat pengguna lebih memilih melakukan instalasi di dalamnya.

  • Bermacam Aplikasi

Kelebihan pertama tentu saja dari banyaknya aplikasi yang disediakan, pastinya gratis! Dari sinilah pengguna merasa tidak perlu mencari aplikasi dari luar jika memang sudah tersedia pada Microsoft store. Jika ada cara yang mudah, kenapa harus cari cara yang susah?

  • Mudah Digunakan

Bagaimana tidak dikatakan mudah, untuk bisa mendapatkan aplikasi, pengguna hanya perlu membuka Microsoft store yang ada pada PC kemudian mencari aplikasi yang di inginkan. Jika sudah ketemu, bisa langsung melakukan instalasi. Selain itu, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur pencarian agar lebih efisien. Itulah salah satu alasan kenapa pengguna merasa bingung jika Microsoft store tidak bisa dibuka pada perangkat mereka.

  • Auto Update

Jika melakukan instalasi dari luar Microsoft store, kemungkinan besar pengguna harus melakukan update secara manual. Namun tidak terjadi jika menggunakan salah satu fitur unggulan windows 10 ini. Semua aplikasi yang di instal akan otomatis di update jika memang ada pembaruan. Tidak perlu repot, hanya sediakan kuota yang cukup saja.

  • Aman

Keamanan pasti terjamin, seperti hal nya jika pengguna melakukan download aplikasi di Playstore jika menggunakan Android. Semua aplikasi yang ada pada Microsoft store akan di verifikasi terlebih dahulu. Jadi dijamin tidak akan ada virus maupun malware.

Dari empat kelebihan menggunakan Microsoft store tersebut, wajar saja jika pengguna merasa kesal jika suatu saat terjadi error.

Penyebab Microsoft Store Tidak Bisa Dibuka

Tidak bisa dipastikan apa yang menyebabkan fitur keren tersebut gagal untuk dibuka. Bisa jadi kemarin masih lancar jaya, namun sekarang sudah mengalami error. Beberapa penyebab berikut mungkin menjadi salah satunya.

  • Windows 10 belum di update.
  • Masalah cache pada windows.
  • Koneksi di block.
  • Kerusakan sistem.

Penyebab diatas adalah beberapa kemungkinan dari banyaknya kemungkinan yang ada sehingga terjadi masalah Microsoft store tidak bisa download atau tidak bisa dibuka.

Cara Mengatasi Microsoft Store Tidak Bisa Dibuka

Setelah mengetahui permasalahannya, saat nya kita mencari solusinya. Ada beberapa macam solusi yang bisa dicoba, tidak semua pengguna akan berhasil dengan solusi yang sama. Untuk itu diperlukan kesabaran dengan mencobanya satu persatu.

  1. Cek Zona Waktu

Sebagai langkah awal yang mudah, coba cek pengaturan zona waktunya. Jika sesuai dengan hari ini, seharusnya tidak ada masalah. Lanjut ke cara berikutnya!

  1. Login Akun

Microsoft store hanya bisa digunakan ketika pengguna dalam keadaan login akun Microsoft. Pastikan sudah login sebelum melangkah pada solusi yang lebih dalam. Jika kalian pengguna baru, silahkan lakukan pendaftaran terlebih dahulu, kemudian login pada akun tersebut.

  1. Periksa Koneksi

Karena Microsoft store hanya bisa diakses ketika ada sambungan, tidak ada salahnya kalian cek terlebih dahulu apakah koneksi sudah tersambung atau belum. Pastikan internet yang digunakan juga dalam kategori cepat dan stabil.

  1. Reset Cache

Ketiga cara diatas bisa dikatakan langkah awal saja, apabila semuanya dalam kondisi baik-baik saja, coba lakukan reset cache pada Microsoft store. Biasanya cara menghapus atau reset cache merupakan salah satu yang ampuh dan mudah dilakukan untuk mengatasi masalah Microsoft store force close dan sejenisnya.

  • Buka jendela “run” (bisa dilakukan dengan fasilitas pencarian atau dengan menekan “windows+R”).
  • Pada jendela yang muncul, langsung kalian ketik “wsreset.exe” (tanpa tanda petik). Di copy paste saja biar cepat.
  • Tekan enter atau klik “ok”.

Proses reset cache berjalan otomatis setelah kalian melakukan langkah diatas. Cepat atau lambatnya tergantung dari data cache yang kalian punya. Semakin besar, semakin lama. Setelah proses selesai, Microsoft store akan otomatis terbuka, tunggu dan lihat saja apakah proses ini akan berhasil mengatasi error yang dimaksud.

  1. Memanfaatkan Windows Troubleshooter

Jika tidak ingin bersusah payah keluar keringat dingin untuk mengetahui dan mengatasi masalah pada Microsoft store, lebih baik kalian gunakan fitur Windows Troubleshooter. Salah satu fitur unggulan dari windows yang bisa didapatkan pada versi apapun. Fitur ini akan mencari sumber masalah secara otomatis, kemudian akan memberikan langkah solusi yang bisa digunakan.

  • Gunakan fasilitas pencarian di Windows untuk mencari dan membuka “Troubleshoot”.
  • Setelah terbuka, cari yang namanya “Windows app store”.
  • Tunggu proses identifikasi selesai, kalian tidak perlu melakukan apapun pada saat proses ini. Cukup diam saja.
  • Kalian akan dipandu langkah mengatasi masalah Microsoft store tidak bisa dibuka tersebut setelah proses identifikasi selesai.
  1. Buat Cache Folder Baru

Cara ini hanya sekedar manipulasi saja, sebenarnya folder cache sudah otomatis ada pada windows. Kita akan coba memanipulasi dengan mengganti nama folder asli.

  • Sebelum menggunakan cara ini, pastikan fitur Microsoft store tidak sedang digunakan.
  • Cari folder yang bernama “Microsoft.windowsStore_8wekyb3d8bbwe”. Gunakan fitur “Research” untuk memudahkan pencarian.
  • Jika sudah ketemu, ganti nama “LocalState” menjadi cache.old
  • Restart perangkat.

Cara ini aman dan tidak akan merusak atau mengganggu file yang ada didalam. Karena setelah kalian melakukan restart, maka otomatis windows akan membuat folder yang diganti tersebut.

  1. Scan System Dengan CMD

Cara terakhir yang bisa kami berikan adalah dengan melakukan scanning pada sistem dengan menggunakan perintah CMD. Cara yang digunakan hampir sama dengan fitur Troubleshooter  diatas.

  • Buka CMD, ketikkan saja pada kolom pencarian, nanti otomatis akan muncul.
  • Buka dengan “Run as administrator”, bisa menggunakan klik kanan lalu pilih perintah tersebut.
  • Lanjutkan dengan menuliskan perintah berikut “Sfc”.
  • Tunggu sampai proses selesai dan restart PC kalian.

Selain menggunakan perintah “Sfc”, kalian juga bisa menggunakan “Scannow”.

Pada setiap percobaan yang dilakukan untuk mengatasi masalah Microsoft store tidak bisa dibuka, tidak harus menggunakan semua cara yang telah kami sebutkan. Artinya, jika pada salah satu cara tertentu masalah tersebut sudah teratasi, kalian tidak perlu menggunakan cara yang lain.